Laman

03 Oktober 2008

Candi Tikus Merupakan Miniatur Mahameru

photo 1 : Papan nama

Candi Tikus.
Candi tikus merupakan tempat petirtaan, tetapi masyarakat lebih mengenalnya dengan Candi Tikus. Disebut dengan candi tikus dikarenakan pada awal penggaliannya di tahun 1914, banyak ditemukan tikus dan sarang pada penggalian candi tersebut.
Menurut laporan Bupati Mojokerto, RAA Kromodjojo Adinegoro, ditemukan minatur candi disebuah kuburan rakyat.

photo 2 : Candi Tikus

Secara administratif, candi tikus terletak di dusun Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowolan, Kabupaten Mojokerto. Candi tikus yang merupakan petirtaan ini diperkirakan didirikan pada abad XIII-XIV Masehi pada jaman kerajaan Mojopahit.
Candi yang terbuat dari susunan batubata, dibangun 3,5 meter dibawah permukaan tanah dengan ukuran 22,5 x 22,5 meter.

photo 3 : Candi yang terletak dibawah permukaan tanah

Fungsi candi ini tidak diketahui secara pasti, tetapi dari bentuk dan susunannya menyerupai dengan gunung Mahameru yang terletak di India. Candi ini konsep pembangunannya tidak lepas dari kesucian gunung Mahameru India.

photo 4 : Candi berkonsep gunung Mahameru India

photo 5 : Candi merupakan petirtaan

Candi tikus pernah mengalami pemugaran pertama kali pada masa pemerintahan Hindia Belanda, dan berturut dilakukan pemugaran oleh pemerintahan Indonesia melalui proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Bekas Kota Mojopahit pada tahun 1984/1985 - 1988/1989.
Dalam pembenahannya lingkungan candi diperluas areal tanah, sehingga halaman semakin luas.

3 komentar:

amannatur mengatakan...

keren bos....

lanjut...

Unknown mengatakan...

wah..aku td dah ngoment panjaaaaaaaaaaaaaaang bgt Pak, trs salah klik..ilang deh..padahl td isine pujian..krn pegel ilang td, aku maleh males muji..ilang mood ku..hehehe..ga ga Pak..
I just wanna say.. SALUT.. bwt Bapak satu ini...antik banget..ga percaya?liat aja Blog nya?dr yg di show kan sampe foto terbarunya..antik beneer..hehe..
ga nyangka aj, tyt masih peduli sejarah bgt..keren Pak..bisa bwt reminder kita2 yg kayaknya c da mulai ga pedulu ma sejarah.. dr Blog nya Pak Febri kita jd tau kekayaan negara ini melalui situs2 budaya nya..(ngmg ap c aku iki Pak?hihi..)
gr2 Pak Febri juga aku jd tau Minak Koncar..padahal selama ini taunya Minak Tanah..Minak Goreng..hahaha...ga ga Pak..
SALUT pokoe,,sukses terus..dan teruslah berkarya Pak.. (btw elek men c Pak, kata yg harus ta verifikasi iki..mau SUBOL..saiki DATIL) opo iku Pak..

. mengatakan...

Artikel dan foto-fotonya bagus banget ya. Kapan bisa sumbang naskah dan foto ke www.eastjavatraveler.com??